Beranda » » Macam Ragam status Tanah

Macam Ragam status Tanah

Macam status Tanah – Nilai tanah selalu menjadi acuan dalam rangka transaksi jual–beli property. Pada dasarnya kita dapat mengetahui nilai tanah tersebut dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang ditagihkan kepada pemilik properti setiap tahunnya, PBB (pajak bumi dan bangunan). NJOP seringkali menjadi obyek atas nilai properti tersebut, sedangkan sebenarnya yang menjadi acuan nilai properti tersebut adalah bagaimana status kepemilikan hak atas tanah tersebut Sesuai Pasal 4 jo. Pasal 16 jo. Pasal 53 jo. PP 40/1996 dan PP 41/1996 jo. Negara memberikan berbagai jenis hal atas tanah yang terdiri dari:

(1) hak individual yang bersifat perdata;
(2) hak pengelolaan yaitu hak istimewa yang diberikan oleh negara pada instansi-instansi tertentu untuk dikelola dan diambil manfaat atasnya;
(3) tanah wakaf yaitu hak atas tanah yang semula merupakan hak primer (HM, HGB, HGU, HP atau tanah girik) dan kemudian diwakafkan atau diserahkan oleh pemiliknya kepada badan keagamaan ataupun badan sosial lainnya untuk di wakafkan

Hak individual yang bersifat perdata terdiri dari:
(1) Hak primer yaitu hak yang langsung diberikan oleh negara kepada pemegang haknya yang meliputi:
(a) Hak milik yang merupakan hak terkuat dan terpenuh dan bisa dimiliki turun temurun tanpa ada batas waktu berakhirnya. Diatasnya bisa dibebani oleh hak-hak sekunder yang lebih rendah seperti HGB, HGU, Hak Pakai, Hak Sewa dan Hak Numpang karang.
(b) Hak Guna Bangunan (HGB) adalah hak yang diberikan oleh negara untuk dapat mendirikan bangunan di atas tanah-tanah yang dikuasai oleh negara untuk jangka waktu tertentu yaitu maksimal 30 tahun dan dapat diperpanjang selama 20 tahun. Jika sudah lewat pengguna hak ini dapat mengajukan pembaruan hak selama 30 tahun lagi.
(b) Hak Guna Usaha (HGU) adalah hak yang diberikan oleh negara untuk mengolah/mengusahakan tanah-tanah tertentu dengan luas minimal 5 ha dan biasanya digunakan untuk perkebunan dan pertanian.
(c) Status tanah Hak Pakai terdiri dua macam: Hak Pakai atas tanah negara yang dikuasai langsung oleh negara dan tidak memiliki nilai ekonomis yaitu Hak Pakai atas tanah negara bagi instansi-instansi Pemerintah seperti TNI, departemen, kantor perwakilan negara lain (kedutaan besar/ konsulat); Hak Pakai atas tanah negara yang memiliki nilai ekonomis, maksudnya bisa diperjualbelikan atau dialihkan kepada orang/ pihak lainnya.

(2) Status tanah Hak Sekunder (Derivatif) yaitu hak yang timbul atau dibebankan diatas hak atas tanah yang sudah ada. Hak ini bisa timbul karena perjanjian antara pemilik tanah sebagai pemegang hak primer dan calon pemegang Hak Sekunder.
Yang termasuk Hak atas tanah ini antara lain:
(a) Hak sekunder yang ditumpangkan di atas hak lain yang memiliki derajat yang lebih tinggi misalnya HGB/HGU/Hak Pakai di atas tanah Hak Milik
(b) Hak Sewa di atas tanah Hak Milik/ HGB/ HG/ Hak Pengelolaan atas tanah negara
(c) Hak Sewa atas tanah pertanian
(d) Hak membuka tanah dan memungut hasil hutan
(e) Hak usaha bagi hasil
(f) Hak menumpang (Hak Numpang Karang)
(g) Hak Jaminan atas tanah, yang terdiri dari gadai dan hak tanggungan.

Ada beberapa macam sertifikat hak atas tanah yang dikenal dalam undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok-pokok Agraria, yaitu:
Status tanah berupa GIRIK
Tanah girik (sebutan lain: petok D, rincik, ketitir, dll) merupakan tanah-tanah bekas hak milik adat yang belum didaftarkan atau disertifikatkan pada Kantor Pertanahan setempat. Jadi Girik bukan tanda bukti atas tanah melainkan merupakan bukti bahwa pemilik girik adalah pembayar pajak (PBB) dan orang menguasai tanah milik adat atas bidang tanah tersebut beserta bangunan (bila ada) di atasnya

Status tanah berupa SHM (Sertifikat Hak Milik)
Sertifikat Hak Milik adalah jenis sertifikat yang pemiliknya memiliki hak penuh atas kepemilikan tanah pada kawasan dengan luas tertentu yang telah disebutkan dalam sertifikat tersebut. Status SHM adalah status yang paling kuat untuk kepemilikan lahan karena disini, lahan sudah menjadi milik seseorang tanpa campur tangan ataupun kemungkinan pemilikan pihak lain. Status Hak Milik juga tidak terbatas waktunya seperti Sertifikat hak Guna Bangunan. Nilai properti dengan status SHM lebih tinggi dibandingkan SHGB dikarenakan tidak memiliki jatuh tempo, sehingga nilainya akan berkembang seiring dengan hukum permintaan dan penawaran akan tanah yang terus meningkat Melalui sertifikat ini, pemilik bisa menggunakannya sebagai bukti kuat atas kepemilikan tanah, dengan kata lain bila terjadi masalah, maka nama yang tercantum dalam SHM adalah pemilik sah berdasarkan hukum.

status Tanah

Sertifikat Hak Milik juga bisa menjadi alat yang kuat untuk transaksi jual beli, atau juga jaminan kredit. Proses mendapatkan sertifikat tanah melalui notaris/PPAT agar diuruskan ke BPN, dimana notaris lebih mengetahui seluk beluk dan syarat pembuatan seritifikat tanah. Syarat masing-masing berbeda bila tanah tersebut tanah hibah atau jual beli, tanah adat, tanah lelang, dan sebagainya

SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangun)
SHGB merupakan hak yang diberikan pada Warga Negara Indonesia atau Badan Hukum yang didirikan menurut Hukum Indonesia untuk mendirikan dan mempunyai bangunan-bangunan atas tanah yang bukan miliknya sendiri, dengan jangka waktu paling lama 30 tahun.
Dengan berlakunya UU No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, maka Jangka Waktu HGB diperpanjang, berdasarkan Pasal 22 ayat (1) huruf b, yaitu: “Hak Guna Bangunan dapat diberikan dengan jumlah 80 (delapan puluh) tahun dengan cara dapat diberikan dan diperpanjang di muka sekaligus selama 50 (lima puluh) tahun dan dapat diperbarui selama 30 (tiga puluh) tahun

SHSRS (Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun)
Adapun SHSRS berhubungan dengan kepemilikan seseorang atas rumah vertikal, rumah susun yang dibangun di atas tanah dengan kepemilikan bersama. Pengaturan kepemilikan bersama dalam satuan rumah susun digunakan untuk memberi dasar kedudukan atas benda tak bergerak yang menjadi obyek kepemilikan di luar unit, mulai taman, tempat parkir, sampai area lobi

Source Artikel: propertijualmurah.com

Share, Artikel ini

Macam Ragam status Tanah | NetProperty.net – Iklan Rumah Jadi Mudah

r Artikel Blog
Sewa Apartemen Bulanan

Sewa Apartemen Bulanan Dengan Mudah

Sewa apartemen bulanan merupakan salah satu hal yang banyak diminati oleh masyarakat perkotaan saat ini. kebiasaan sewa apartemen bulanan merupakan salah satu hal yang teraramat diminati karena memang apartemen yang disewakan secara bulanan lebih efisien bagi mereka yang biasanya tinggal hanya... Selengkapnya)

Apartemen Taman Rasuna

Apartemen Taman Rasuna, Hunian Medium End Fasilitas Lengkap

Apartemen Taman Rasuna terletak di kawasan Rasuna Epicentrum. Apartemen ini memiliki jumlah 13 tower yang dilengkapi oleh fasilitas yang ideal untuk aktivitas penghuninya sehari-hari. Ada di lokasi yang strategis, yang populer dengan julukan segitiga emas sentral bisnis di Jakarta Selatan, bangunan... Selengkapnya)

Apartemen Taman Anggrek Jakarta Barat

Apartemen Taman Anggrek Hunian Super Eksklusif dan Megah

Apartemen Taman Anggrek menawarkan hunian yang super eksklusif yang sepadan dengan gaya hidup masyarakat di metropolitan. Apartemen ini terletak di Jakarta Barat, lebih tepatnya di salah satu sentral perbelanjaana terbesar yang ada di Asia Tenggara sekarang ini, yakni Mall Taman Anggrek.... Selengkapnya)

Apartemen Regatta Jakarta Utara

Apartemen Regatta Dan Semua Yang Ada Didalamnya

Apartemen Regatta merupakan salah satu apartemen yang terletak di Pluit daerah Jakarta Utara dimana merupakan salah satu apartemen elite dan tentunya diminati oleh banyak masyarakat atau calon pemilik apartemen.  Apartemen dengan fasilitas yang memadai dan memiliki antara 2-4 kamar tidur dan... Selengkapnya)

Apartemen Rasuna Said

Review Singkat Dari Apartemen Rasuna Said Atau Taman Rasuna

Apartemen rasuna said kini hadir dengan beragam fasilitas yang jauh lebih lengkap, dimulai dari fasilitas hiburan dan juga rekreasi hingga pusat perbelanjaan, restoran, klub malam, rumah sakit dan bahkan gedung-gedung pemerintahan pun dapat dijangkaunya dengan lebih mudah. Apartemen ini hadir di... Selengkapnya)

Apartemen Rajawali

Anda Harus Mengetahui Mengenai Apartemen Rajawali

Apartemen Rajawali adalah apartemen yang saat ini juga memiliki banyak sekali kelebihan dan sangatlah laku di pasaran. Harga properti yang semakin tahun semakin naik memang membuat apartemen menjadi salah satu lahan bisnis atau investasi terbaik. Salah satunya memang apartemen Rajawali yang... Selengkapnya)

Apartemen Permata Senayan

Profil Apartemen Permata Senayan Jakarta Pusat

Profil apartemen Permata Senayan,  ternyata saat ini banyak sekali penawaran berkelas yang dilakukan oleh apartemen-apartemen berkelas di Indonesia. Salah satu apartemen elit dan berkelas serta memiliki harga yang termasuk efisien dilihat dari kualitasnya yang selangit adalah apartemen Permata yang terletak di... Selengkapnya)

apartemen permata hijau

Apartemen Permata Hijau, Hunian Strategis Bergaya Modern Eksklusif

Apartemen Permata Hijau merupakan salah satu apartemen eksklusif yang terletak di Jakarta Selatan. Apartemen ini hanya berjarak 5 km saja dari kawasan Senayan City, Jalan Sudirman dan Plaza Senayan. Permata Hijau Residence merupakan apartemen yang telah berdiri di lahan yang memiliki... Selengkapnya)