Apa Saja Faktor Kekurangan investasi property
Beranda » » Kelemahan investasi Property

Kelemahan investasi Property

Ditulis pada: 24 Januari 2014 | Kategori:

Kendati memiliki delapan keunggulan, investasi property pun memiliki beberapa kelemahan dibanding investasi di sektor lain. Hal ini tidak terlepas dari sifat properti yang tak dapat dipindah, lokal, dan beragam.

Baca: Kelebihan Bisnis Property 

Seorang investor perlu mengetahui delapan kelemahan investasi properti, agar dapat mengantisipasi kerugian dan menambah nilai properti tersebut.

Dinukil dari buku “Cara Kaya Melalui Properti”, inilah delapan kelemahan investasi properti:

1. Beban Perawatan (Management Burden)
Pemilik atau investor properti tak dapat membiarkan investasinya berjalan dengan hasil yang meningkat terus menerus, tanpa memastikan properti tersebut dalam keadaan baik. Dia juga mesti mengeluaran biaya tambahan guna merawat kondisi bangunan agar income dari sewa bisa meningkat.

2. Investasi Padat Modal (High Capital Investment)
Investasi properti pun dapat dikatakan sebagai investasi yang bersifat padat modal (capital intensive). Mengapa demikian? Karena semakin besar modal yang ditanamkan dalam properti, relatif semakin besar pula hasil yang didapatkan investasi properti tersebut.

3. Keterjangkauan Investasi (Affordability Investment)
Dalam bisnis properti, harga mencerminkan kondisi penawaran dan permintaan. Harga properti ditetapkan berdasarkan sifat-sifat pasar lokal serta tren yang memengaruhi permintaan dan penawaran properti.

Ada satu perbedaan signifikan antara menilai properti dan saham, yaitu  affordability. Affordability tidak menjadi isu dalam saham, karena transaksi pembelian saham dilakukan secara tunai. Sebaliknya, transaksi properti biasanya merupakan pembelian leverage yang melibatkan pembiayaan dari bank.

4. Biaya Transaksi yang Tinggi (High Cost Transaction)
Untuk berinvestasi di sektor properti, Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dibanding berinvestasi di sektor lain. Biaya-biaya tersebut berupa pajak, antara lain: PPH (5% yang dikenakan bagi penjual) dan BPHTB (5% yang dikenaan bagi pembeli).

5. Waktu Lama untuk Membeli (Time Consuming Acquisition)
Membeli properti yang sesuai keinginan tidak bisa dalam tempo singkat, bisa dalam hitungan minggu atau bulan. Hal ini juga dijelaskan dalam sifat properti yang tidak likuid (lack of liquidity).

Bahkan seorang pakar properti dari Amerika Serikat mengatakan, carilah 100 properti, pilih tiga yang terbaik, untuk mendapatkan satu properti yang diinginkan (Formula 100:3:1).

6. Terbatasnya Pengetahuan (Lack of Knowledge)
Pengetahuan yang terbatas disebabkan karena properti yang bersifat lokal (localized). Harga sebuah rumah di satu tempat, belum tentu sama dengan di tempat lain. Hal ini membuat investor harus jeli dan membuat survei terhadap di lokasi incarannya.

7. Penyusutan Bangunan (Building Depreciation)
Investasi properti yang berbasis pada tanah dan bangunan, walaupun dari tahun ke tahun meningkat—akibat harga tanah yang meningkat akibat kelangkaan—namun bangunan di atasnya secara teoritis memiliki umur. Hal ini berbeda dengan tanah yang memiliki umur panjang alias abadi. Secara teoritis, bangunan dapat berumur 20, 30, atau 40 tahun, tergantung fungsi, kualitas, dan standar kekokohan bangunan (konstruksi).

8. Hancur Bila Terjadi Bencana Alam (Physical Hazard)
Dibandingkan dengan investasi lain, investasi properti memiliki risiko kehancuran tanah dan bangunan yang bisa disebabkan gempa, tanah longsor, tsunami dan lain-lain. Namun, hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan asuransi, sehingga secara praktis kehancuran akibat bencana dapat dihilangkan dengan biaya tambahan untuk membayar premi asuransi.

Source: Anto Erawan, rumah.com

Kelemahan investasi Property | Pasang Iklan Rumah Gratis, Rumah Dijual – Netproperty.net

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Kelemahan investasi Property

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

r Artikel Blog
Villa kawana golf jababeka

Kawana Golf Residence Jababeka Tower 2

P 9 Desember 2018 ,

Tahukah anda tentang sebuah project properti yang tengah ramai diperbincangkan, project ini kabarnya banyak diminati oleh para investor dikarenakan prospek investasi yang sangat bagus untuk kedepannya, Seperti banyak kita ketahui belakangan ini banyak sekali project properti khsusunya apartemen yang sedang... Selengkapnya)

Sewa Apartemen Bulanan

Sewa Apartemen Bulanan Dengan Mudah

P 21 Maret 2017 ,

Sewa apartemen bulanan merupakan salah satu hal yang banyak diminati oleh masyarakat perkotaan saat ini. kebiasaan sewa apartemen bulanan merupakan salah satu hal yang teraramat diminati karena memang apartemen yang disewakan secara bulanan lebih efisien bagi mereka yang biasanya tinggal hanya... Selengkapnya)

Apartemen Taman Rasuna

Apartemen Taman Rasuna, Hunian Medium End Fasilitas Lengkap

P 21 Maret 2017 ,

Apartemen Taman Rasuna terletak di kawasan Rasuna Epicentrum. Apartemen ini memiliki jumlah 13 tower yang dilengkapi oleh fasilitas yang ideal untuk aktivitas penghuninya sehari-hari. Ada di lokasi yang strategis, yang populer dengan julukan segitiga emas sentral bisnis di Jakarta Selatan, bangunan... Selengkapnya)

Apartemen Taman Anggrek Jakarta Barat

Apartemen Taman Anggrek Hunian Super Eksklusif dan Megah

P 21 Maret 2017 ,

Apartemen Taman Anggrek menawarkan hunian yang super eksklusif yang sepadan dengan gaya hidup masyarakat di metropolitan. Apartemen ini terletak di Jakarta Barat, lebih tepatnya di salah satu sentral perbelanjaana terbesar yang ada di Asia Tenggara sekarang ini, yakni Mall Taman Anggrek.... Selengkapnya)

Apartemen Regatta Jakarta Utara

Apartemen Regatta Dan Semua Yang Ada Didalamnya

P 21 Maret 2017 ,

Apartemen Regatta merupakan salah satu apartemen yang terletak di Pluit daerah Jakarta Utara dimana merupakan salah satu apartemen elite dan tentunya diminati oleh banyak masyarakat atau calon pemilik apartemen.  Apartemen dengan fasilitas yang memadai dan memiliki antara 2-4 kamar tidur dan... Selengkapnya)