Biaya jual beli rumah yang harus dikeluarkan dalam transaksi jual beli
Beranda » » Apa saja Biaya jual beli rumah yang harus dikeluarkan.

Apa saja Biaya jual beli rumah yang harus dikeluarkan.

Ditulis pada: 13 Agustus 2015 | Kategori:

Biaya jual beli rumah yang harus dikeluarkan. – Dalam transaksi jual beli properti baik tanah maupun rumah tentu ada biaya biaya yang harus dikeluarkan, apa saja biaya jual beli rumah yang harus dibayar ? Sebelum kita bahas biaya yang harus ditanggung dalam transaksi jual beli rumah mari kita fahami terlebih dahulu bahwa biaya biaya yang dikeluarkan dalam transaksi jual beli rumah itu ada yang secara resmi dibayarkan kepada negara atau kepada pemerintah setempat, dan ada juga biaya jasa pejabat yang melaksanakan transaksi jual beli rumah tersebut yang biasanya bersifat tawar menawar.

Biaya jual beli rumah yang harus dikeluarkan.

Biaya jual beli rumah yang harus dikeluarkan dalam proses transaksi jual beli  yaitu sebagai berikut:

-Pembuatan akta jual beli atau yang biasa disingkat (AJB) yang membuat AJB adalah PPAT (Pejabat Pembuat akta tanah), buka notaris. Besarnya harga AJB (Akta jual beli) di PPAT itu berbeda-beda pada tiap-tiap daerah, Namun harga AJB tersebut tidak boleh lebih dari 1% dari harga transaksi yang tertera dalam Akta. Biaya AJB ini biasanya ditanggung oleh kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli rumah, namun hal tersebut tentu sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli rumah.

1.) Kemudain biaya yang harus dikeluarkan berikutnya adalah Bea atas Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan atau yang biasa disingkat (BPHTB) dan Pajak penghasilan. Sedangkan besar biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar 5% dari nilai jual objek pajak atau NJOP. Yang mengeluarkan biaya ini tentunya sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli rumah, Dan BPHTB ini harus sudah dilunasi sebelum akta jual beli (AJB)

2.) Biaya berikutnya adalah biaya pengecekan sertifikat, pengecekan sertifikat dilakukan sebelum transaksi jual beli rumah dilakukan, tujuannya adalah untuk memastikan bahwa sertifikat tidak ada catatan sita, catatan blokir atau catatan yang lainnya. Pengecekan sertifikat ini dilakukan di kantor pertanahan setempat, dan biaya tergantung dari masing-masing kebijakan kantor tersebut, dan biasanya biaya ini ditanggung oleh pembeli rumah, namun tentu hal ini sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli rumah.

4.) Biaya balik nama sertifikat yang dilakukan oleh PPAT (Pejabat pembuat akta tanah) dan dilakukan di kantor pertanahan setempat dengan membayar sejumlah biaya sesuai aturan yang masih berlaku. Biasanya biaya balik nama sertifikat ditanggung oleh pembeli rumah.

5.) Biaya penerimaan negara bukan pajak atau (PNBP), biaya ini dikeluarkan sekaligus pada saat pengajuan Balik nama. Besar biaya yang harus dikeluarkan untuk PNBP adalah 1 0/00 (satu perseribu/permill) dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah.

6.) Selanjutnya adalah PPH atau Pajak penghasilan, adapun besarnya pajak penghasilan ini sebesar 5% dari nilai transaksi dan PPh harus sudah dibayar sebelum AJB (akta jual beli) ditandatangani. Adapun biaya PPH dilakukan di bank penerima pembayaran transaksi jual beli rumah tersebut lalu kemudian di validasi dikantor pajak setempat. Pajak penghasilan ini biasanya di bebankan kepada penjual, sekali lagi itu tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli rumah.

Demikianlah biaya jual beli rumah yang harus dikeluarkan dalam transaksi jaul beli , apabila masih ada kekurangan biaya jual beli rumah yang masih belum tercantum mohon dikoreksi dan ditambahi sendiri. Dan untuk mempermudah dalam proses mengurusi tentang semua biaya jual beli rumah diatas maka sebaiknya kepada pihak pembeli maupun penjual rumah sebaiknya menyerahkan semua perhitungan dan prosesnya kepada PPAT setempat.

Apa saja Biaya jual beli rumah yang harus dikeluarkan. | Pasang Iklan Rumah Gratis, Rumah Dijual – Netproperty.net

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Apa saja Biaya jual beli rumah yang harus dikeluarkan.

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

r Artikel Blog
Ruko East Park Jababeka Cikarang, Ruko Sekaligus Tempat Tinggal

Ruko East Park Jababeka Cikarang, Ruko Sekaligus Tempat Tinggal

P 23 Oktober 2019 ,

Ruko East Park merupakan salah satu kawasan residensial yang dikelola oleh PT. Jababeka Tbk dan bagian dari Jababeka Residence. Selain East Park, terdapat juga kawasan residence lain yaitu apartemen Elvis Tower, apartemen Monroe Tower, ruko Rodoe Drive, rukost Beverly Hills,... Selengkapnya)

Ruko Hollywood Boulevard Jababeka, Ini Yang Menakjubkan!

Ruko Hollywood Boulevard Jababeka, Ini Yang Menakjubkan!

P 23 Oktober 2019 ,

Bisnis merupakan salah satu hal yang membutuhkan banyak persiapan. Bahkan menjalankan usaha atau bisnis itu sendiri tentu tidak mudah. Didukung dengan bidang apa yang kita jalani, hingga fasilitas yang dibutuhkan. Seperti konsep dari usaha atau bisnis itu sendiri, kemudian memilih... Selengkapnya)

Ruko Sevilla Jababeka Mengusung Konsep Berbeda, Yuk Intip

Ruko Sevilla Jababeka Mengusung Konsep Berbeda, Yuk Intip!

P 23 Oktober 2019 ,

Jababeka merupakan salah satu kawasan yang mengusung pembangunan komersial dan residensial. Seperti kawasan Jababeka Residence, kawasan Movielaand Jababeka. Setelah kawasan diatas, Jababeka mencoba untuk membuat konsep yang berbeda. Dengan membangun sebuah kawasan Sport City jababeka. Oleh karena itu, Jababeka kemudian... Selengkapnya)

Ruko Thamrin Boulevard Jababeka Cikarang Dan Ini Kelebihannya

Ruko Thamrin Boulevard dan Ini Kelebihannya

P 23 Oktober 2019 ,

Ruko merupakan salah satu tempat yang mana digunakan untuk membangun sebuah bisnis atau usaha. Apalagi jika usaha anda sudah cukup berkembang, memiliki kantor atau toko tentu adalah jalan tepat untuk melancarkan bisnis yang anda jalani. Dalam hal ini, anda bisa... Selengkapnya)

Ruko Sudirman Jababeka Tawarkan Fasilitas Nyaman, Lokasi Strategis

Ruko Sudirman Jababeka Tawarkan Fasilitas Nyaman

P 22 Oktober 2019 ,

Ruko merupakan bangunan yang mana dibangun dengan tujuan untuk kawasan usaha atau bisnis. Hal ini dikarenakan ruko memang umumnya adalah untuk berbisnis atau usaha. Banyak orang yang menjalankan bisnis atau usaha namun belum memiliki lapak. Sehingga ini juga menjadi salah... Selengkapnya)